Selasa, 05 Mei 2015

Karakteristik Konsep Dasar IPS



Tujuan utama setiap pembelajaran Ilmu Sosial adalah membentuk warga negara yang baik (good citizenship), demikian pula halnya dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai satu program pendidikan juga memiliki tujuan yang sama, yakni membentuk warga negara yang baik. Namun, dalam proses penyajiannya IPS memiliki karakteristik tersendiri, dalam arti tidak sama dengan karakteristik Ilmu-ilmu Sosial yang ada. Walaupun demikian, keberadaan Ilmu-Ilmu sosial tak dapat terpisahkan dari IPS karena konsep-konsep Ilmu-Ilmu Sosial merupakan sumber utama bagi pengembangan materi pembelajaran program IPS.
     Materi IPS dapat dipelajari dan menjadi bahan pembelajaran, tidak hanya kehidupan nyata sesaat dimasyarakat, ,melainkan juga meliputi cerita-cerita, novel, kisah-kisah tokoh terkenal yang dapat kita baca, serta dapat juga dibaca oleh peserta didik. Oleh karena itu, bahan bacaan seperti buku, surat kabar, majalah dan makalah juga menjadi sumber materi IPS dan sumber pembelajaran IPS. Dari bahan bacaan tadi dapat diperoleh berbagai pengetahuan termasuk di dalamnya pengetahuan sosial juga nilai-nilai yang bermakna dalam kehidupan ini. Materi IPS yang berupa kehidupan sosial manusia dengan segala aspek dan permasalahannya tidak selalu dapat kita pelajari secara langsung dari sumber utamanya di masyarakat.
Aspek yang merupakan karakteristik dari IPS terbagi menjadi tiga, yaitu: memberikan berbagai pengertian yang mendasar, melatih berbagai keterampilan dan mengembangkan sikap moral yang dibutuhkan.
     Karakteristik yang dipaparkan oleh Nu’man Somantri merupakan ciri mandiri pengajaran pendidikan IPS untuk memberikan gambaran utuh tentang ciri pengembangan berbagai pendekatan pembelajaran IPS.
1)      Separated subject, yaitu  pengorganisasian kegiatan pembelajaran dalam bentuk bagian yangsaling terpisah antara satu dengan yang lain. Proses pembelajaran semacam ini dapat ditemukan pada sekolah lanjutan tingkat atas dan perguruan tinggi.
2)      Correlation of Subject, melalui pendekatan ini sebagian pengajaran musik misalnya atau satu wacana dapat dihubungkan dengan konsep-konsep yang ada dalam IPS.
3)       Integration of Fusion, nilai utama yang digunakan pada pendekatan ini adalah dengan digunakannya seluruh subjek untuk meningkatkan proses pembelajaran. Namun, kelemahan yang tampak apabila guru terlalu bertumpu dan mendasarkan objek tertentu dan kurang memperhatikan keterampilan mengajarnya.
Dalam konsep dasar IPS disarankan adanya pola evaluasi. Pola evaluasi ini pada dasarnya dalah penilaian program, proses dan hal pendidikan. Jika evaluasi ini ditinjau dari proses pembelajaran maka letaknya diakhir proses. Evaluasi pembelajaran IPS yang berkesinambungan sebaiknya dilakukan terus menerus dengan keterlaksanaan proses pembelajarannya. Evaluasi semacam ini merupakan barometer atau pengecekan apakah proses yang berlangsung itu dapat diikuti dan dipahami oleh peserta didik, serta seberapa besar penguasaan atau pemahaman peserta didik.

1 komentar:

  1. Harrah's Las Vegas Casino & Hotel - KTM Hub
    This hotel features a casino, a bar, restaurants, a poker room, 수원 출장안마 and 울산광역 출장마사지 a pool. It also 정읍 출장샵 has an outdoor pool. Guests 포항 출장마사지 can also enjoy a 서산 출장샵 swim in the outdoor pool. There are two

    BalasHapus